SILABUS MEMBINA
Nama Sekolah : -
Ekstrakurikuler :
PRAMUKA
Tingkatan :
PENGGALANG
No
|
Standar Kompetensi
|
Materi Pengajaran
|
Indikator
|
Proses Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Peralatan yang dibutuhkan
|
Dasa Dharma
|
Karakter
|
1
|
Sejarah Pramuka Indonesia dan
Dunia
|
·
Sejarah Pramuka Indonesia, Sejarah Pramuka Dunia, Tokoh-tokoh Pramuka
indonesia dan Dunia
·
Sejarah pergerakan
Nasional Indonesia
|
- Menjelaskan Sejarah
Kepramukaan Indonesia dan Dunia beserta tokoh yang ikut serta dalam
perkembangan sejarah pramuka tersebut
- Implementasi di kehidupan sehari-hari tentang
semangat perjuangan
|
Permainan bola Salju
|
2 x 45 menit
|
Bola kertas berisi soal dan cerita pendek
|
Patriot yang sopan dan kesatria
|
- Karakter untuk mengenal dan memahami sejarah untuk
mempelajari pengalaman orang lain dan mengambil hikmah di dalam suatu
kejadian yang telah lampau
- Dari hikmah pelajaran yang didapat diharapkan akan
menambah pengalaman untuk melatih kebijakan peserta didik
- Dapat kritis terhadap sejarah yang ada di kepramukaan
|
2
|
Tata Upacara
|
- Susunan upacara
- Macam-macam upacara
|
- Merancang susunan upacara sebelum melakukan
upacara
- Menjelaskan macam-macam upacarq
|
- Materi ruangan tentang tata upacara (ceramah)
|
1 x 45 menit
|
-
|
Disiplin berani dan setia
Rajin terampil dan gembira
Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
|
- Pembentukan karakter untuk disiplin dalam bersikap,
tepat waktu untuk melakukan semua hal dan bertanggungjawab terhadap dirinya
sendiri ketika berada sebagai peserta apel, maupun petugas apel
- Saling menghargai antar petugas dan peserta
|
- Melaksanakan tata upacara yang benar dan bisa
- mengajukan diri sebagai petugas upacara
- displin dalam baris-berbaris sesuai dengan
peraturan tata upacara penggalang
|
- Praktek Apel Pembukaan setiap awal atau akhir
pertemuan / Latihan
- Dilaksanakan diruang ruangan maupun di luar
ruangan
|
1x15 menit
|
Mikrophone, bendera, tiang bendera, peluit
|
|||||
3
|
Salam pramuka
|
- Penggunanaan Salam Pramuka
- Fungsi salam pramuka
- Macam-macam salam pramuka
|
-
menggunkan
salam pramuka dengan baik dan benar
|
permainan
|
1 x 45 menit
|
-
|
Rajin terampil dan gembira
|
- Dengan salam
pramuka, diharapkan peserta didik akan bisa menggunkan untuk lebih
mengakrabkan antar peserta didik dan Pembina
- Saling menghormati dan tanggap
|
4
|
Tanda pengenal
|
- TKU
- TKK
- Tanda kehormatan
- Tanda khusus
|
Menjelaskan fungsi dan cara pemakaian
masing-masing tanda pengenal yang ada
|
Menjelaskan dan mencari contoh untuk dibuat
portofolio dan dipresentasikan serta dipamerkan
|
2 x 45 menit
|
Makalah
|
Rajin terampil dan gembira
|
Dengan tanda pengenal diharapkan peserta didik dapat
lebih memahami beberapa tingkatan prestasi yang bisa dicapai
|
5
|
Baris-berbaris
|
Gerakan di tempat
|
Melaksanakan gerakan ditempat dengan tepat
|
Praktek
|
1 x 45 menit
|
Peluit
|
Disiplin berani dan setia
Rajin terampil dan gembira
Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
|
- Disiplin dalam tugas dan posisi masing-masing ketika
berada dalam barisan
- Karakter untuk belajar menata diri sendiri ketika
berada dalam barisan
- Disiplin untuk melaksanakan tugas sesuai perintah
yang telah diinstruksikan
- Mendidik karakter peserta didik untuk bisa
menggerakkan anggota tubuh dengan tangkas, cepat, tepat sesuai dengan aba-aba
- Mendidik peserta didik dalam karakter
kreativitasnya. Baris-berbaris yang terkenal dengan pola kedisplinannya
memerlukan fleksibilitas dalam kreatifitas agar tidak terjadi kejenuhan.
- Mendidik peserta didik untuk memiliki jiwa
kompetitif
|
Gerakan berpindah tempat
|
Dapat berpindah tempat dalam barisan dengan
kompak
|
Praktek
|
1 x 45 menit
|
Peluit
|
||||
Formasi Baris-berbaris
|
Dapat membentuk semua formasi barisan bersama
regunya
|
Perlombaan
|
2 x 45 menit
|
Peluit
|
||||
6
|
Lambang Gerakan Pramuka
|
- Sejarah Bayangan Tunas Kelapa (silhoute)
- Makna Kiasan dasar
|
Dapat menjelaskan makna kiasan silhoute dan
dapat diterapkan dalam kehdupan sehari-hari
|
Diskusi dan presentasi serta aplikasi perilaku
|
1 x 45 menit
|
Puzzle gambar silhoute, Media pembelajaran
yang menyesuaikan
|
Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
|
- Mendidik peserta didik untuk dapat memaknai
karakter lambing gerakan pramuka dan
mengaplikasikan pada kehidupan sehari-hari sebagai seorang pramuka yang
sesungguhnya.
|
7
|
Kode Kehormatan
|
Dasa Darma dan Tri Satya
|
Dapat dengan hafal menyebutkan dasa darma dan
tri satya
|
Permainan mengurutkan dasa darma
|
1 x 45 menit
|
-
|
Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
|
- Dengan mengerti kode kehormatan dan kode moral
kepramukaan, harapannya peserta didik dapat melakukan semua perilakunya
dengan kode kehormatan dan kode moral tersebut
|
10
|
Aplikasi dasa darma
|
Dapat mengaplikasikan dasa darma dalam
kehidupan sehari-hari
|
Presentasi dan penampilan dalam bentuk pentas
seni yang memilki makna salah satu dari dasa darma
|
1 x 45 menit
|
Rajin
terampil dan gembira
|
- Dengan mengaplikasikan dasa darma dalam sebuah
pentas seni, diharapkan karakter itu muncul dalam kehidupan sehari-hari
peserta didik. Dasa darma dan tri satya bukan hanya dihafalkan namun dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
11
|
Aplikasi tri satya
|
Dapat mengaplikasikan tri satya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Presentasi dan kreasi yel
|
1 x 45 menit
|
Rajin
terampil dan gembira
|
- Dengan yel kreasi yang mengandung makna tri satya,
diharapkan peserta didik akan terbiasa 1mengaplikasikan tri satya dalam
kehidupans ehari-hari dengan suka ria.
|
||
12
|
Pionerring
|
- Materi simpul dan ikatan beserta
macam-macamnya dan penggunaannya
|
Menjelaskan dan mengaplikasikan simpul dan
ikatan
|
Materi ruangan
|
1 x 45
menit
|
-
|
- Patuh dan suka
bermusyawarah
- Rela
menolong dan tabah
|
- Melatih ketangkasan peserta didik dalam kekuatan
tangan dan keterampilan menggunakan tali
- Kerjasama tim untuk saling membagi tugas dalam
mengerjakan pembuatan gapura bersama-sama
- Melatih bermusyawarah dan ketangkasan untuk
meningkatkan kamampuan fisik dan keterampilan social
|
- Membuat Gapura
|
Melaksanakan pembuatan gapura dengan menggunakan
simpul-simpul yang benar
|
Praktek
|
1 x 45
menit
|
4 Tongkat, 4 tali tiap regu
|
||||
13
|
Mendirikan tenda
|
Melaksanakan pendirian tenda dengan
menggunakan simpul-simpul yang benar
|
Perlombaan antar regu
|
1 x 45 menit
|
2 Tongkat, 3 tali tiap regu
|
|||
14
|
Mapping
|
Peta Pita
|
Membuat peta Pita selama perjalanan
|
Jelajah
|
2 x 45 menit
|
Kertas, Busur derajat, Bolpoin
|
Rajin terampil dan gembira
Hemat cermat
dan bersahaja
|
- Aplikasi mapping untuk meningkatkan keterampilan
peserta didik dalam penyeimbang otak kanan dan kiri
|
15
|
KOMPAS
|
Menggunakan kompas untuk berjalan dengan
beberapa arahan yang telah ditentukan pembina
|
Diskusi dan praktik
|
1x 45 menit
|
Peta, kompas, kertas, bolpoint
|
- Melatih keterampilan dalam penggunaan kompas untuk
menentukan arah.
|
||
16
|
Peta Perjalanan
|
Membuat peta perjalanan selama perjalanan
|
Aplikasi di sekitar lapangan sekolah
|
1 x 45 menit
|
Kertas dan alat tulis
|
- Aplikasi mapping untuk meningkatkan keterampilan
peserta didik dalam penyeimbang otak kanan dan kiri
|
||
17
|
Menaksir
|
Menaksir tinggi dengan metode segitiga
|
Menaksir tinggi suatu pohon dengan metode
segitiga
|
Perlombaan masing-masing regu
|
1 x 45menit
|
Kertas, bolpoin
|
Rajin terampil dan gembira
Hemat cermat
dan bersahaja
|
Menuntut kecermatan peserta didik dalam
aplikasi kemampuan analisisnya
|
18
|
Menaksir lebar dengan metode bayangan
|
Menaksir lebar sungai dengan metode bayangan
|
Perlombaan masing-masing regu
|
1 x 45 menit
|
Batang berukuran 30 cm
|
Rajin terampil dan gembira
Hemat cermat
dan bersahaja
|
Menuntut kecermatan peserta didik dalam
aplikasi kemampuan analisisnya
|
|
19
|
Pertolongan Pertama
|
Pertolongan pertama pada kecelakaan ringan
|
Bisa memberbikan pertolongan pertama pada
kecelakaan ringan
|
Praktik dalam hal pengobatan, dan pertolongan
pertama kecelakaan ringan
|
1 x45 menit
|
Mitela, Perban, Obat, bidai
|
Rela
menolong dan tabah
|
Meningkatkan jiwa saling tolong dan menambah
keterampilan dalam kecekatan menghadapi suatu permasalahan
|
20
|
Pertolongan pertama pada kecelakaan lalu
lintas
|
Bisa memberikan informasi tercepat dan tepat
saat mengetahui kecelakaan lalu lintas
|
Teori
|
1 x 45 menit
|
Alat komunikasi
|
Bertanggungjawab
dan dapat dipercaya
|
Dapat secara cepat dan tepat melakukan
tindakan secara benar jika mengetahui kecelakaan lalu litas disekitarnya
|
|
21
|
Sandi
|
Simaphore
|
Bisa berkomunikasi dengan menggunakan semaphore
|
Komunikasi jarak dekat antar regu dengan
menggunakan semaphore
|
1 x 45 menit
|
Sepasang Bendera semaphore untuk
masing-masing peserta didik
|
Rajin
terampil dan gembira
|
Mengasah kemampuan otak kanan dalam merangkai
informasi melalui gerakan dengan menggunakan semaphore
Meningkatkan daya ingat terhadap penggunaan
setiap gerakan dalam penyampaian informasi
Melatih kecermatan dalam memberi dan menerima
informasi
|
22
|
Morse
|
Dapat berkomunikasi dengan menggunakan morse
|
Menggunakan morse untuk komunikasi jarak
dekat
|
1 x 45 menit
|
Peluit untuk masing-masing peserta didik,
bendera
|
Rajin
terampil dan gembira
|
Mengasah kemampuan otak kanan dalam merangkai
informasi melalui suara dengan menggunakan peluit
Meningkatkan daya ingat terhadap penggunaan
setiap simbol dalam penyampaian informasi
Melatih kecermatan dalam memberi dan menerima
informasi
|
|
23
|
Kotak, AZ
|
Dapat membuat surat dengan menggunakan sandi
morse dan az
|
Praktek menggunakan sandi kotak dna az untuk
membuat surat
|
1 x 45 menit
|
Kertas dan alat tulis
|
Rajin
terampil dan gembira
9
|
Mengasah kemampuan otak kanan dalam merangkai
informasi dari kode yang disampaiakan melalui sandi
Meningkatkan daya ingat terhadap penggunaan
setiap kode dalam penyampaian informasi
Melatih kecermatan dalam memberi dan menerima
informasi
|
|
24
|
Penjelajahan
|
Materi tanda jejak dan survival
|
Kegiatan ruangan
|
1 x 45 menit
|
||||
25
|
Tanda jejak
Halang rintang
Packing
Survival
|
- Dapat menggunkan tanda jejak dalam mengkuti keiatan
penjelajahan
- Dapat lewati halang rintang dengan lancar
- Dapat melakukan kegiatan packing dengan rapi sebelum
penjelahan
- Dapat menerapkan prinsip survival ada setiap kondisi
mendesak
|
Kegiatan lapangan penjelajahan dengan
pemberian materi sekaligus praktik
|
4 x 45 menit
|
Peta perjalanan, lapangan dibuat rute
perjalanan
|
Disiplin,
berani dan setia
|
Karakter untuk menempuh suatu hal dengan
sungguh-sungguh sampai mencapai tujuan yang diinginkan itu sangat penting.
Karakter pekerja keras diharapkan dimiliki
oleh peserta didik dalam menjalani segala hal, sehingga dapat dengan maksimal
menjalai semua hal untuk mencapai tujuannya.
|
|
26
|
Pengetahuan Umum
|
Bendera merah Putih
|
Dapat menjelaskan sejarah, kiasan warna dan
penggunaan bendera mereh putih
|
Diskusi dan presentasi masing-masing kelompok
|
2 x 45 menit
|
LCD
|
Patriot
yang sopan dan kesatriya
|
Meningkatkan rasa nasionalisme dan
meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan suatu hal kepada public
|
27
|
Karakter
|
Dapat menjelaskan pengertian emosi, cara
mengedalikan emosi dan memanagement emosi
|
Diskusi dan presentasi masing-masing kelompok
|
2 x 45 menit
|
LCD
|
Suci
dalam Fikiran perkataan dan perbuatan
|
Lebih mengenal karakter masing-masing
personal dengan mengkaji bersama tentang emosi dengan harapan peserta didik
akan dapat mengendalikan emosi untuk mendapatkan jati diri yang lebih mantap.
|
|
28
|
Lagu kebangsaan Indonesia
|
Dapat menjelaskan sejarah, dan sikap saat
lagu kebangsaan diperdengarkan
|
diskusi
|
1 x 45 menit
|
||||
29
|
SKU
|
Poin-poin yang ada di Syarat kecakapan Umum
|
-
Dapat
mencapai tingkatan ramu
-
Dapat
mencapai tingkatan rakit
-
Dapat
mencapai tingkatan terap
|
Dengan menggunakan prinsip kompetisi di untuk
setiap peserta didik
|
1X10 menit setiap pertemuan
|
Kertas dan peralatan lain yang idbutuhkan
disiapkan oleh peserta didik
|
Bertanggungjawab
dan dapat dipercaya
|
Merupakan salah satu penilaian yang digunakan
dengan menggunkan system kompetisi dengan menggugah kesadaran masing-masing
peserta didik untuk mencapai tingkatan yang diinginkan.
|
30
|
SKK
|
Mencari TKK sesuai dengan materi dan syarat
yang ada
|
- Dapat memiliki TKK minimal 5 buah pada tingkatan
utama
|
Dengan menggunakan prinsip kompetesi setelah
mendapatkan tingkatan pada syarat kecapakan umum dapat dilanjutkan pada tanda
kecakapan khusus.
|
Ketika istirahat saat latiha, sebelum latihan
atau 10 menit setelah latihan
|
Kertas dan peraltan yang menunjang terlaksananya
ujian SKK
|
Bertanggungjawab
dan dapat dipercaya
|
Karakter untuk berprestasi dari kegiatan yang
telah dilakukan diharapkan dimiliki oleh semua peserta didik agar dapat
meningkatkan motivasi untuk meningkatkan keterampilan dalam semua hal melalui
kegiatan kepramukaan.
|
0 komentar:
Posting Komentar