KISI-KISI PAS SEJARAH
Satuan Pendidikan : -
Mata Pelajaran : Sejarah
Capaian Kompetensi : Pada fase E, Peserta didik memahami konsep dasar kerajaan
Hindu-Buddha dan kerajaan Islam; menganalisis serta mengevaluasi manusia
dalam kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan
Islam; menganalisis serta
mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam dalam
ruang lingkup lokal, nasional, dan global; menganalisis serta mengevaluasi
kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan
Islam dalam dimensi masa lalu,
masa kini, dan masa depan; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan
Hindu-Buddha dan kerajaan Islam dari pola perkembangan, perubahan,
keberlanjutan, dan keberulangan; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan
Hindu-Buddha dan kerajaan Islam secara diakronis (kronologi) dan/atau
sinkronis.
Elemen : Kerajaan
Hindu-Buddha dan kerajaan Islam di Indonesia
Fase/Kelas/Semester : E / X
/ Genap
Jumlah Soal : 40
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
No |
Indikator |
Tujuan Pembelajaran |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
Menentukan proses masuknya
Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik dapat
menentukan proses masuknya Hindu
Budha ke Nusantara |
Teori masuknya Hindu Budha |
Disajikan sebuah
narasi proses masuknya Hindu Budha di Nusantara, peserta didik dapat
menentukan macam teorinya |
2 |
Mengemukakan kerajaan Hindu
Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat mengemukakan kerajaan
Hindu Budha di Nusantara |
Masa kejayaan Kerajaan Hindu Budha |
Disajikan beberapa
kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan kerajaan terkenal
sebagai kerajaan maritim di Nusantara |
3 |
Menelaah bentuk-bentuk
peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menelaah bentuk-bentuk
peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peninggalan Kerajaan Majapahit |
Disajikan
sebuah narasi terkaitpembangunan candi Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan
candi peninggalan Kerajaan Majapahit |
4 |
Menganalisis
proses masuknya Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menganalisis masuknya
budaya Hindu-Budha di Nusantara |
Masuknya Hindu - Buddha di Indonesia |
Disajikan
sebuah narasi terkait bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha, peserta didik
dapat menentuksn candi pendharmaan raja dari peninggalan candi tersebut |
5 |
Menganalisis bentuk-bentuk
peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menganalisis bentuk
peninggalan sejarah yg menjadi situs warisan dunia |
Peninggalan Kerajaan Mataram |
Disajikan
sebuah narasi terkait peninggalan sejarah, peserta didik menyebutkan bentuk peninggalan sejarah yg
menjadi situs warisan Dunia |
6 |
Mengkaji proses masuknya Hindu
Budha di Nusantara |
Peserta didik dapat
menjelaskan bukti masuknya agama
dan kebudayaan Hindu-Budha di Nusantara |
Teori masuknya Hindu Budha |
Disajikan sebuah narasi teori masuknya Hindu Budha,
peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara isi prasasti Nalanda dengan teori
arus balik |
7 |
Menganalisis bentuk-bentuk
peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menjelaskan tujuan
dari pembangunan candi |
Candi |
Disajikan
sebuah narasi terkait peninggalan kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menjelaskan
tujuan pembuatan candi |
8 |
Menganalisis ciri-ciri
candi |
Peserta didik dapat
menganalisis ciri-ciri candi |
Ciri-ciri candi |
Disajikan sebuah narasi
terkait ciri-ciri candi, peserta didik
dapat menganalisis ciri-ciri candi |
9 |
Mengidentifikasi masa
kejayaan Kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi masa
kejayaan Kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Kerajaan Mojopahit |
Disajikan
sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat
mengindetifikasi visi yang dilakukan oleh kerajaan Mojopahit |
10 |
Menentukan
proses masuknya Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menentukan teori masuknya Hindu Buddha di
Nusantara |
Teori-teori masuknya Hindu Budha di Nusantara |
Disajikan
sebuah narasi terkait teori masuknya Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan
teori nya |
11 |
Menganalisis kerajaan Hindu
Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menganalisis kerajaan
Hindu Budha di Nusantara |
Awal berdirinya kerajaan Majapahit |
Disajikan
sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menyebutkan
nama raja pendiri kerajaan Majapahit |
12 |
Mengkaji kebijakan politik
kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat mengkaji kebijakan
politik kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Kebijakan politik Kerajaan Singosari |
Disajikan
sebuah narasi terkait kebijakan politik , peserta didik dapat mengkaji
kebijakan politik kerajaan Singosari melalui ekspedisi pamalayu |
13 |
Menganalisis kerajaan Hindu
Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menentukan kerajaan
Hindu Budha di Nusantara |
Pembagian Kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno |
Disajikan
sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan
pembagian kekuasaan dalam Kerajaan Mataram Kuno |
14 |
Mengidentifikasi pengaruh
Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi pengaruh Hindu Budha di Nusantara |
Pengaruh masuknya hindu Budha |
Disajikan
sebuah narasi terkait pengaruh masuknya Hindu Budha, peserta didik dapat
mengindetifikasi pengaruh dibidang politik |
15 |
Menentukan nama Raja masa
kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menentukan nama Raja
masa Hindu Budha di Nusantara |
Kejayaan Kerajaan Sriwijaya |
Disajikan
sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan
nama Raja pada masa kejayaannya
Kerajaan Sriwijaya |
16 |
Menganalisis kerajaan Hindu
Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menganalisis semboyan
Indonesia Bhineka Tunggal Ika |
Kerajaan Mojopahit |
Disajikan
sebuah narasi terkait semboyan Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan hal
penting yang terjadi dalam kerajaan Mojopahit saat itu |
17 |
Menganalisis raja-raja
dari kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menganalisis raja-raja
dari kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Kerajaan Kediri |
Disajikan
sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menganalisis
penjelmaan raja Airlangga |
18 |
Menentukan proses masuknya
Hindu Budha ke Nusantara |
Peserta didik dapat
menentukan proses masuknya Hindu
Budha ke Nusantara |
Teori masuknya Hindu Budha |
Disajikan sebuah
narasi tentang teori masuknya Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan
dari teori yang didukung oleh Van Leur |
19 |
Menganalisis bentuk
peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menganalisis bentuk
peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara |
Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno |
Disajikan
sebuah narasi terkait bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha, peserta didik
dapat menganalisis bentuk peninggalan Kerajaan Mataram Kuno tersebut |
20 |
Menentukan kerajaan Hindu
Budha di Nusantara |
Peserta didik
dapat menentukan kerajaan
Hindu Budha di Nusantara |
Penyebab keruntuhan kerajaan Kediri |
Disajikan
sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan
faktor penyebab runtuhnya dari Kerajaan Kediri |
21. |
Menentukan
teori masuknya Islam di Nusantara |
Peserta didik
dapat menentukan teori masuknya Islam ke Nusanatara |
Teori Masuknya Islam |
Disajikan sebuah narasi salah satu bukti masuknya Islam, peserta didik dapat menentukan jenis teori tersebut |
22. |
Mengidentifikasi bukti masuknya Islam di
Nusantara |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi bukti masuknya Islam ke
Nusantara |
Masuknya Islam ke Indonesia |
Disajikan sebuah narasi bukti masuknya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi bukti peninggalan dari
Kerajaan Samudra Pasai |
23. |
Mengidentifikasi
faktor
masuknya Islam di Nusantara |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi faktor
cepat
masuknya Islam ke Nusantara |
Masuknya Islam ke Indonesia |
Disajikan sebuah narasi penyebaran Islam ke Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor mudah berkembangnya islam ke Nusantara. |
24. |
Mengidentifikasi
salah satu media penyebaran Islam |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi ciri-ciri proses masuknya
Islam ke Nusantara |
Proses meluasnya
Islam di Nusantara |
Disajikan sebuah narasi tentang proses Islamisasi di
Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi hasil dari adalanya proses Islamisasi di
Nusanatara. |
25. |
Mengidentifikasi
salah satu media penyebaran Islam |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi bentuk media
dalam penyebaran Islam di Nusantara |
Media Penyebaran Islam |
Disajikan sebuah narasi salah satu media sebagai alat untuk penyebaran Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh dari media seni
tersebut untuk menyebarkan agama Islam. |
26. |
Mengidentifikasi
penyebaran Islam |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi
pendukung perkembangan Islam di Nusantar |
Penyebaran Islam |
Disajikan sebuah narasi perkembangan penyebaran Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi pendukung perkembangan
Islam di Nusantar
. |
27. |
Menentukan
hasil akulturasi budaya |
Peserta didik
dapat menentukan bentuk karya hasil akulturasi budaya |
Hasil akulturasi |
Disajikan sebuah narasi akulturasi budaya Islam, peserta
didik dapat menentukan hasil akulturasi dari arsitektur
Hindu |
28. |
Menentukan
Kesultanan Islam pertama di Nusantara |
Pesera didik
dapat menentukan kesulatanan pertama di Nusantara |
Kerajaan / Kesultanan Indonesia |
Disajikan sebuah narasi awal memunculkan
Kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam, peserta didik dapat menentukan
Kesultanan pertama di Indonesia |
29. |
Menganalisis
teori yang ditentang para ahli |
Peserta didik
dapat menganalisis hal yang ditentang para ahli terkait teori Gujarat |
Teori Masuknya Islam |
Disajikan sebuah narasi awal tentang
pertentangan salah satu teori masuknya Islam yaitu teori Gujarat, peserta
didik dapat menganalisis pertentangan akan teori Gujarat. |
30. |
Menganalisis
sebuah julukan yang dimiliki para tokoh penyebar Islam di Pulau Jawa |
Peserta didik
dapat menganalisis nama julukan dari dari para tokoh penyebar agama Islam di
Pulau Jawa |
Tokoh penyebar Agama Islam di Pulau Jawa |
Disajikan sebuah narasi tentang peran ulama
yang menyebarkan agama Islam yang berasal dari negara Timur Tengah, peserta
didik dapat menganalisis julukan untuk tokoh penyebar Agama Islam di Pulau
Jawa. |
31. |
Menentukan
pendiri dari salah satu Kesultanan
Islam |
Peserta didik
dapat menentukan pendiri dari Kesultanan Cirebon |
Tokoh penyebar Agama Islam di Pulau jawa |
Disajikan sebuah narasi salah satu tokoh wali
yang berasal dari Cirebon, peserta didik dapat menentukan siapa tokoh pendiri
dari Kesultanan Cirebon. |
32. |
Menentukan
media dakwa dalam penyebaran Islam |
Peserta didik
dapat Menentukan media dakwa dalam
penyebaran Islam |
Media Dakwa |
Disajikan sebuah narasi tentang knama-nama
Wali, peserta didik dapat menentukan nama wali yang menggunakan media dakwa
wayang |
33. |
Mengkaji
faktor penyebab Kerajaan Samudra Pasai menjadi kerajaan strategis di
Nusantara |
Peserta didik
dapat mengkaji faktor penyebab letak strategis Kerajaan Samudra Pasai |
Kerajaan Islam Nusantara |
Disajikan sebuah narasi tentang kerajaan
Samudra Pasai, peserta didik dapat mengkaji faktor penyebab dari letak
strategis Kerajaan Samudra Pasai. |
34. |
Menentukan
Kesultanan Islam pertama di Jawa |
Peserta didik
dapat menentukan kesultanan Islam Pertama di Pulau Jawa |
Kesultanan Islam di Pulau Jawa |
Disajikan sebuah narasi tentang bagaimana
munculnya Kesultanan pertama di Nusantara dan berkembang hingga pulau Jawa,
peserta didik dapat menentukan kesultanan pertama di pulau Jawa |
35. |
Menentukan
Kesultanan Islam pertama di Jawa |
Peserta didik
dapat menganalisis kejayaan Kerajaan Mataram Islam |
Kesultanan Islam di Pulau Jawa |
Disajikan sebuah narasi tentang masa kejayaan
Mataram Islam, peserta didik dapat menentukan tokoh pada masa kejayaan
Mataram Islam |
36. |
Menganalisis
tokoh penyebab masa Kejayaan salah satu
Kesultanan di Nusantara |
Peserta didik
dapat menganalisis tokoh yang menjadi tonggak kejayaan massa pemerintahan di
Kesultanan Banten. |
Masa pemerintahan Kesultanan Islam |
Disajikan sebuah narasi tentang Kesultanan
Banten yang mengalami masa kejayaan, peserta didik dapat menganalisis tokoh
yang menjadi penyebab kejayaan dari Kesultanan Banten. |
37. |
Mengidentifikasi
perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1867. |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi perjanjian yang disebabkan oleh runtuhnya Kerajaan
goa-Tallo. |
Masa pemerintahan Kerajaan Islam |
Disajikan sebuah narasi tentang Kerajaan
Goa-Tallo yang mengalami kemunduran dan diakhirinya Kerajaan Goa-Tallo,
peserta didik dapat mengidentifikasi perjanjian yang ditandatangani akibat
runtuhnya Kerajaan Goa-Tallo |
38. |
Mengidentifikasi
faktor kemajuan dari Kesultanan Islam |
Peserta didik
dapat mengidentifikasi faktor dari kemajuan pada Kesultanan Banten. |
Masa pemerintahan Kesultanan Islam |
Disajikan sebuah narasi tentang Kesultanan
Banten yang mengalami kemajuan, peserta didik dapat mengidentifikasi hal apa
yang membuat majunya Kesultanan Banten. |
39. |
Menganalisis
peninggalan Kesultanan Islam di Pulau Jawa |
Peserta didik
dapat menganalisis peninggalan yang ditinggalkan dari Kesulatanan Mataram
Islam |
Peninggalan Kesultanan Islam |
Disajikan sebuah narasi tentang Kesultanan
Mataram islam, peserta didik dapat menganalisis peninggalan dari Kesulatanan
Mataram Islam |
40. |
Menganalisis
metode dakwa dalam penyebaran Islam |
Peserta didik
dapat menganalisis pendekatan metode
dakwa dalam penyebaran Islam . |
Proses penyebaran Agama Islam |
Disajikan sebuah narasi tentang pendekatan
budaya dan akulturasi, peserta didik dapat menjelaskan tujuan dari pendekatan
budaya yang dilakukan oleh Wali Songo |