Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *


Kamis, 13 Juni 2024

KISI-KISI PAS SEJARAH KELAS X KURIKULUM MERDEKA

 KISI-KISI PAS SEJARAH

Satuan Pendidikan           : -

Mata Pelajaran                 : Sejarah

Capaian Kompetensi       : Pada fase E, Peserta didik memahami konsep dasar kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam; menganalisis serta mengevaluasi manusia dalam kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam dalam dimensi masa lalu, masa kini, dan masa depan; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam dari pola perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan keberulangan; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam secara diakronis (kronologi) dan/atau sinkronis.

Elemen                               : Kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan Islam di Indonesia

Fase/Kelas/Semester        : E / X / Genap

Jumlah Soal                       : 40

Bentuk Soal                       : Pilihan Ganda 

 

No

Indikator

Tujuan Pembelajaran

Materi Pokok

Indikator Soal

1

2

3

4

5

 

 

1

 

Menentukan proses masuknya Hindu Budha di Nusantara

 

Peserta didik dapat menentukan proses masuknya Hindu Budha ke Nusantara

 

 

Teori masuknya Hindu Budha

Disajikan sebuah narasi proses masuknya Hindu Budha di Nusantara, peserta didik dapat menentukan macam teorinya

 

 

2

Mengemukakan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat mengemukakan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Masa kejayaan Kerajaan Hindu Budha

Disajikan beberapa kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan kerajaan terkenal sebagai kerajaan maritim di Nusantara

3

Menelaah bentuk-bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menelaah bentuk-bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peninggalan Kerajaan Majapahit

Disajikan sebuah narasi terkaitpembangunan candi Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan candi peninggalan Kerajaan Majapahit

4

Menganalisis proses masuknya Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menganalisis masuknya budaya Hindu-Budha  di Nusantara

Masuknya Hindu - Buddha di Indonesia

Disajikan sebuah narasi terkait bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentuksn candi pendharmaan raja dari peninggalan candi tersebut

 

5

Menganalisis bentuk-bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menganalisis bentuk peninggalan sejarah yg menjadi situs warisan dunia

Peninggalan Kerajaan Mataram

Disajikan sebuah narasi terkait peninggalan sejarah, peserta didik  menyebutkan bentuk peninggalan sejarah yg menjadi situs warisan Dunia 

 

 

6

 

Mengkaji proses masuknya Hindu Budha di Nusantara

 

Peserta didik dapat menjelaskan bukti masuknya agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Nusantara

 

Teori masuknya Hindu Budha

Disajikan sebuah narasi teori masuknya Hindu Budha, peserta didik dapat            menjelaskan hubungan  antara isi prasasti Nalanda dengan teori arus balik

7

Menganalisis bentuk-bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dari pembangunan candi

Candi

Disajikan sebuah narasi terkait peninggalan kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menjelaskan tujuan pembuatan candi

 

 

8

Menganalisis ciri-ciri candi

Peserta didik dapat menganalisis ciri-ciri candi

 

 

Ciri-ciri candi

 

Disajikan sebuah narasi terkait ciri-ciri candi, peserta didik dapat menganalisis ciri-ciri candi

9

Mengidentifikasi masa kejayaan Kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat mengidentifikasi masa kejayaan Kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Kerajaan Mojopahit

Disajikan sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat mengindetifikasi visi yang dilakukan oleh kerajaan Mojopahit

 

10

Menentukan proses masuknya Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat  menentukan teori masuknya Hindu Buddha di Nusantara

Teori-teori masuknya Hindu Budha di Nusantara

Disajikan sebuah narasi terkait teori masuknya Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan teori nya

 

11

Menganalisis kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menganalisis kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Awal berdirinya kerajaan Majapahit

Disajikan sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menyebutkan nama raja pendiri kerajaan Majapahit

12

Mengkaji kebijakan politik kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat mengkaji kebijakan politik kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Kebijakan politik Kerajaan Singosari

Disajikan sebuah narasi terkait kebijakan politik , peserta didik dapat mengkaji kebijakan politik kerajaan Singosari melalui ekspedisi pamalayu

13

Menganalisis kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menentukan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Pembagian Kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno

Disajikan sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan pembagian kekuasaan dalam Kerajaan Mataram Kuno

14

Mengidentifikasi pengaruh Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat mengidentifikasi  pengaruh Hindu Budha di Nusantara

Pengaruh masuknya hindu Budha

Disajikan sebuah narasi terkait pengaruh masuknya Hindu Budha, peserta didik dapat mengindetifikasi pengaruh dibidang politik

 

15

Menentukan nama Raja masa kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menentukan nama Raja masa Hindu Budha di Nusantara

Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Disajikan sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan nama Raja pada masa kejayaannya  Kerajaan Sriwijaya

16

Menganalisis kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menganalisis semboyan Indonesia Bhineka Tunggal Ika

Kerajaan Mojopahit

Disajikan sebuah narasi terkait semboyan Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan hal penting yang terjadi dalam kerajaan Mojopahit saat itu

17

Menganalisis raja-raja dari  kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menganalisis raja-raja dari kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Kerajaan Kediri

Disajikan sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menganalisis penjelmaan raja Airlangga

 

 

18

 

Menentukan proses masuknya Hindu Budha ke Nusantara

 

Peserta didik dapat menentukan proses masuknya Hindu Budha ke Nusantara

 

 

Teori masuknya Hindu Budha

Disajikan sebuah narasi tentang teori masuknya Hindu Budha, peserta didik dapat   menentukan dari teori yang didukung oleh Van Leur

19

Menganalisis bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menganalisis bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Disajikan sebuah narasi terkait bentuk peninggalan kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menganalisis bentuk peninggalan Kerajaan Mataram Kuno tersebut

 

20

Menentukan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Peserta didik dapat menentukan kerajaan Hindu Budha di Nusantara

Penyebab keruntuhan kerajaan Kediri

Disajikan sebuah narasi terkait kerajaan Hindu Budha, peserta didik dapat menentukan faktor penyebab runtuhnya dari Kerajaan Kediri

 

21.

Menentukan teori masuknya Islam di Nusantara

Peserta didik dapat menentukan teori masuknya Islam ke Nusanatara

Teori Masuknya Islam

Disajikan sebuah narasi salah satu bukti masuknya Islam, peserta didik dapat menentukan jenis teori

tersebut

22.

Mengidentifikasi bukti masuknya Islam di Nusantara

Peserta didik dapat mengidentifikasi bukti masuknya Islam ke Nusantara

Masuknya Islam ke Indonesia

Disajikan sebuah narasi bukti masuknya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi bukti peninggalan dari Kerajaan Samudra Pasai

 

23.

Mengidentifikasi faktor masuknya Islam di Nusantara

Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor cepat masuknya Islam ke Nusantara

Masuknya Islam  ke Indonesia

Disajikan sebuah narasi penyebaran  Islam ke Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor mudah berkembangnya islam ke Nusantara.

 

24.

Mengidentifikasi salah satu media penyebaran Islam

Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri proses masuknya Islam ke Nusantara

Proses meluasnya Islam di Nusantara

Disajikan sebuah narasi tentang proses Islamisasi di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi hasil dari adalanya proses Islamisasi di Nusanatara.

 

25.

Mengidentifikasi salah satu media penyebaran Islam

Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk media dalam penyebaran Islam di Nusantara

Media Penyebaran Islam

Disajikan sebuah narasi salah satu media  sebagai alat untuk penyebaran Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh dari media seni tersebut untuk menyebarkan agama Islam.

 

26.

Mengidentifikasi penyebaran Islam

Peserta didik dapat mengidentifikasi pendukung perkembangan Islam di Nusantar

Penyebaran Islam

Disajikan sebuah narasi perkembangan penyebaran Islam di Nusantara, peserta didik dapat   mengidentifikasi pendukung perkembangan Islam di Nusantar .

 

27.

Menentukan hasil akulturasi budaya

Peserta didik dapat menentukan bentuk karya hasil akulturasi budaya

Hasil akulturasi

Disajikan sebuah narasi akulturasi budaya Islam, peserta didik dapat  menentukan hasil akulturasi dari arsitektur Hindu

28.

Menentukan Kesultanan Islam pertama di Nusantara

Pesera didik dapat menentukan kesulatanan pertama di Nusantara

Kerajaan / Kesultanan Indonesia

Disajikan sebuah narasi awal memunculkan Kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam, peserta didik dapat menentukan Kesultanan pertama di Indonesia

 

29.

Menganalisis teori yang ditentang para ahli

Peserta didik dapat menganalisis hal yang ditentang para ahli terkait teori Gujarat

Teori Masuknya Islam

Disajikan sebuah narasi awal tentang pertentangan salah satu teori masuknya Islam yaitu teori Gujarat, peserta didik dapat menganalisis pertentangan akan teori Gujarat.

 

30.

Menganalisis sebuah julukan yang dimiliki para tokoh penyebar Islam di Pulau Jawa

Peserta didik dapat menganalisis nama julukan dari dari para tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa

Tokoh penyebar Agama Islam di Pulau Jawa

Disajikan sebuah narasi tentang peran ulama yang menyebarkan agama Islam yang berasal dari negara Timur Tengah, peserta didik dapat menganalisis julukan untuk tokoh penyebar Agama Islam di Pulau Jawa.

 

31.

Menentukan pendiri dari salah satu  Kesultanan Islam

Peserta didik dapat menentukan pendiri dari Kesultanan Cirebon

Tokoh penyebar Agama Islam di Pulau jawa

Disajikan sebuah narasi salah satu tokoh wali yang berasal dari Cirebon, peserta didik dapat menentukan siapa tokoh pendiri dari Kesultanan Cirebon.

 

32.

Menentukan media dakwa dalam penyebaran Islam

Peserta didik dapat  Menentukan media dakwa dalam penyebaran Islam

Media Dakwa

Disajikan sebuah narasi tentang knama-nama Wali, peserta didik dapat menentukan nama wali yang menggunakan media dakwa wayang

 

33.

Mengkaji faktor penyebab Kerajaan Samudra Pasai menjadi kerajaan strategis di Nusantara

Peserta didik dapat mengkaji faktor penyebab letak strategis Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan Islam Nusantara

Disajikan sebuah narasi tentang kerajaan Samudra Pasai, peserta didik dapat mengkaji faktor penyebab dari letak strategis Kerajaan Samudra Pasai.

 

34.

Menentukan Kesultanan Islam pertama di Jawa

Peserta didik dapat menentukan kesultanan Islam Pertama di Pulau Jawa

Kesultanan Islam di Pulau Jawa

Disajikan sebuah narasi tentang bagaimana munculnya Kesultanan pertama di Nusantara dan berkembang hingga pulau Jawa, peserta didik dapat menentukan kesultanan pertama di pulau Jawa

 

35.

Menentukan Kesultanan Islam pertama di Jawa

Peserta didik dapat menganalisis kejayaan Kerajaan Mataram Islam 

Kesultanan Islam di Pulau Jawa

Disajikan sebuah narasi tentang masa kejayaan Mataram Islam, peserta didik dapat menentukan tokoh pada masa kejayaan Mataram Islam

36.

Menganalisis tokoh penyebab masa Kejayaan salah satu  Kesultanan di Nusantara

Peserta didik dapat menganalisis tokoh yang menjadi tonggak kejayaan massa pemerintahan di Kesultanan Banten.

Masa pemerintahan Kesultanan Islam

Disajikan sebuah narasi tentang Kesultanan Banten yang mengalami masa kejayaan, peserta didik dapat menganalisis tokoh yang menjadi penyebab kejayaan dari Kesultanan Banten.

 

37.

Mengidentifikasi perjanjian yang ditandatangani pada tahun 1867.

Peserta didik dapat mengidentifikasi perjanjian yang disebabkan oleh runtuhnya Kerajaan goa-Tallo.

Masa pemerintahan Kerajaan Islam

Disajikan sebuah narasi tentang Kerajaan Goa-Tallo yang mengalami kemunduran dan diakhirinya Kerajaan Goa-Tallo, peserta didik dapat mengidentifikasi perjanjian yang ditandatangani akibat runtuhnya Kerajaan Goa-Tallo

 

38.

Mengidentifikasi faktor kemajuan dari Kesultanan Islam

Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor dari kemajuan pada Kesultanan Banten.

Masa pemerintahan Kesultanan Islam

Disajikan sebuah narasi tentang Kesultanan Banten yang mengalami kemajuan, peserta didik dapat mengidentifikasi hal apa yang membuat majunya Kesultanan Banten.

 

39.

 

 

Menganalisis peninggalan Kesultanan Islam di Pulau Jawa

Peserta didik dapat menganalisis peninggalan yang ditinggalkan dari Kesulatanan Mataram Islam

Peninggalan Kesultanan Islam

Disajikan sebuah narasi tentang Kesultanan Mataram islam, peserta didik dapat menganalisis peninggalan dari Kesulatanan Mataram Islam

 

40.

Menganalisis metode dakwa dalam penyebaran Islam

Peserta didik dapat  menganalisis pendekatan metode dakwa dalam penyebaran Islam .

Proses penyebaran Agama Islam

Disajikan sebuah narasi tentang pendekatan budaya dan akulturasi, peserta didik dapat menjelaskan tujuan dari pendekatan budaya yang dilakukan oleh Wali Songo

 Semoga ujiannya lancar dan mendapatkan nilai yang memuaskan ya gaesssss






0 komentar:

Posting Komentar