RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Sekolah Menengah Pertama
(SMP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas / Semester
: VIII / Genap
Materi
Pembelajaran : Norma dan Kebiasaan
Antardaerah di Indonesia
Alokasi
Waktu : 2 Pertemuan / 3 x 40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
- Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
- Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.
|
1.1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan
berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa,
dan negara.
|
1.1.1
Menunjukkan perilaku berdoa sebelum dan/atau setelah pelajaran berlangsung
di sekolah.
|
1.1.2
Menunjukkan perilaku bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan YME.
|
||
2.
|
2.1 Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat
sekitar.
|
2.2.1
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam kebersamaan di masyarakat.
|
2.2.2
Menunjukkan perilaku disiplin dalam kebersamaan di masyarakat.
|
||
3.
|
3.1 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
|
3.1.2
Mendeskripsikan norma dan kebiasaan yang berlaku di berbagai daerah di
Indonesia.
|
||
3.1.3
Menjelaskan arti penting norma dan kebiasaan yang berlaku di
berbagai daerah di
Indonesia.
|
||
3.1.4
Menjelaskan norma dan kebiasaan di lingkungan sekolah, pergaulan, dan
masyarakat.
|
||
3.1.5
Mengidentifikasi norma dan kebiasaan di lingkungan sekolah, pergaulan,
dan masyarakat.
|
||
4.
|
4.4 Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di
Indonesia.
|
4.4.1
Menelaah tentang norma dan
kebiasaan yang berlaku di berbagai daerah di Indonesia.
|
4.4.2
Menyusun
laporan hasil telaah norma dan kebiasaan yang berlaku di berbagai daerah di Indonesia.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Kompetensi
Spritual dan Sosial
Pertemuan 1 dan 2
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik mampu:
1.1.1.1
Menunjukkan
perilaku berdoa sebelum dan/atau setelah kegiatan pembelajaran.
1.1.1.2
Menunjukkan
perilaku bersyukur dalam pembelajaran.
2.2.1.3
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam kebersamaan di
masyarakat.
2.2.2.4 Menunjukkan perilaku disiplin dalam kebersamaan di
masyarakat.
2. Kompetensi
Pengetahuan dan Keterampilan
a. Pertemuan
Kesatu
Dengan model
pembelajaran keliling kelompok,
peserta didik mampu:
3.1.1.1
Menjelaskan
pengertian norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
3.1.1.2
Mendeskripsikan norma dan kebiasaan yang
berlaku di berbagai daerah di
Indonesia.
3.1.1.3
Menjelaskan
arti penting norma dan kebiasaan yang berlaku di
berbagai daerah di
Indonesia.
b. Pertemuan Kedua
Dengan model
pembelajaran keliling kelompok,
peserta didik mampu:
3.1.1.4
Menjelaskan
norma dan kebiasaan di lingkungan sekolah, pergaulan, dan masyarakat.
3.1.1.5
Mengidentifikasi
norma dan kebiasaan di lingkungan sekolah, pergaulan, dan masyarakat.
3.1.1.6
Menyusun
laporan hasil telaah norma dan
kebiasaan yang berlaku di berbagai daerah
di Indonesia.
D. Materi
Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu
Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia
a.
Pengertian norma
dan kebiasaan
b.
Macam–macam norma
dan kebiasaan di berbagai daerah
1.
Suku Toraja.
2.
Ngaben,
pembakaran jenazah di Bali.
3.
Suku Dayak.
4.
Kampung adat
Naga Jawa Barat.
5.
Suku Bugis
Sulawesi Selatan.
c.
Arti penting
norma di berbagai daerah, yang ada di Indonesia
1.
Arti penting
bagi diri sendiri
2.
Arti penting
bagi masyarakat
2. Pertemuan
kedua
Menghargai Norma dan Kebiasaan Antardaerah di
Indonesia
a.
Kebiasaan di
berbagai lingkungan, yaitu; sekolah, pergaulan, dan masyarakat
1.
Kebiasaan dalam
lingkungan sekolah.
2.
Kebiasaan dalam
lingkungan pergaulan.
3.
Kebiasaan dalam
lingkungan masyarakat.
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam
pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok, serta model
pembelajaran keliling kelompok.
F.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
a.
Pendahuluan (15
menit)
1) Peserta didik mempersiapakan secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdo’a dan salam, menanyakan kehadiran
peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber
belajar.
2)
Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dipimpin
oleh salah satu siswa.
3) Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4) Peserta didik aktif dalam tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran dibimbing guru.
5) Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang materi ajar
dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
b.
Kegiatan inti
(90 menit)
Mengamati
1) Peserta
didik memperhatikan penjelasan mengenai norma dan kebiasaan yang berlaku
diberbagai daerah di Indonesia yang disampaikan guru.
2) Peserta
didik memperhatikan penjelasan mengenai macam-macam norma dan kebiasaan yang
berlaku diberbagai daerah di Indonesia yang disampaikan guru.
3) Peserta
didik memperhatikan penjelasan mengenai arti penting norma dan kebiasaan
diberbagai dearah di Indonesia yang disampaikan guru.
4) Peserta didik dibimbing guru membuat kelompok, satu kelompok
beranggotakan 3 orang.
5) Peserta didik mengamati gambar 1.1 tentang norma dan kebiasaan yang berlaku
diberbagai daerah di Indonesia untuk bahan diskusi.
6)
Peserta
didik diberikan waktu 10 menit untuk berdiskusi.
Menanya
1) Peserta didik merumuskan pertanyaan mengenai norma dan
kebiasaan yang berlaku diberbagai daerah di Indonesia.
2) Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agara
sesuai tujuan pembelajaran, seperti apa, apa saja, serta bagaimana pentingnya norma
dan kebiasaan yang berlaku diberbagai
daerah di Indonesia.
Mengumpulkan
Informasi
1) Peserta didik mencari informasi yang relevan dengan
pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di buku PPKn Kelas
VIII bab IV.
2) Peserta didik mencari informasi melalui sumber belajar lain
seperti buku referensi lain dan dari internet.
Mengasosiasi
1)
Peserta didik mengkaji informasi mengenai norma dan kebiasaan
yang berlaku diberbagai daerah di Indonesia yang diperoleh untuk dihubungkan
dalam contoh dan praktik kehidupan sehari-hari.
2) Peserta didik menyimpulkan tentang pentingnya norma dan
kebiasaan yang berlaku diberbagai daerah di Indonesia dihubungkan dengan
kegiatan yang ada di sekolah, keluarga, masyarakat, atau lingkungan sekitar.
Mengkomunikasikan
1) Peserta didik secara kelompok menyusun laporan hasil telaah
tentang norma dan kebiasaan yang berlaku diberbagai daerah.
2) Peserta didik mengkomunikasikan hasil telaah yang mereka
peroleh dengan kelompok lain.
c.
Penutup (15
menit)
1) Peserta didik aktif menyimpulkan materi pembelajaran melalui
tanya jawab secara klasikal dibimbing guru.
2) Peserta didik aktif melakukan refleksi proses pembelajaran,
seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sudah diperoleh, manfaat
pembelajaran, sikap dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan.
3)
Peserta didik menyimak umpan balik dari guru atas proses
pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
2.
Pertemuan Kedua
a.
Pendahuluan (15
menit)
1) Peserta didik mempersiapakan secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdo’a dan salam, menanyakan kehadiran
peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber
belajar.
2)
Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dipimpin
oleh salah satu siswa.
3) Peserta didik memperhatikan penjelasan guru tentang
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4) Peserta didik aktif dalam tanya jawab tentang manfaat proses
pembelajaran dibimbing guru.
5) Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang materi ajar
dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
b.
Kegiatan inti
(90 menit)
Mengamati
1) Peserta
didik memperhatikan penjelasan mengenai menghargai norma dan kebiasaan antardaerah
di Indonesia yang disampaikan guru.
2) Peserta
didik memperhatikan penjelasan menghargai norma dan kebiasaan antardaerah di
Indonesia, meliputi; di lingkungan sekolah, pergaulan dan masyarakat yang
disampaikan guru.
3) Peserta didik dibimbing guru membuat kelompok, satu kelompok
beranggotakan 3 orang.
4) Peserta didik mengamati gambar 1.2 tentang menghargai norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia untuk bahan diskusi.
5)
Peserta
didik diberikan waktu 10 menit untuk berdiskusi.
Menanya
1) Peserta didik merumuskan pertanyaan mengenai menghargai norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia.
2) Guru dapat membimbing peserta didik menyusun pertanyaan agar sesuai
tujuan pembelajaran, seperti apa, apa saja, serta bagaimana menghargai norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia.
Mengumpulkan Informasi
1) Peserta didik mencari informasi yang relevan dengan
pertanyaan yang sudah disusun dengan membaca uraian materi di buku PPKn Kelas
VIII Bab IV.
2) Peserta didik mencari informasi melalui sumber belajar lain
seperti buku referensi lain dan internet.
Mengasosiasi
1)
Peserta didik mengkaji informasi mengenai menghargai norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia yang diperoleh untuk dihubungkan dalam contoh dan praktik
kehidupan sehari-hari.
2) Peserta didik menyimpulkan tentang pentingnya menghargai norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia dihubungkan dengan kegiatan yang ada di sekolah, keluarga,
masyarakat, atau lingkungan sekitar.
Mengkomunikasikan
1)
Peserta didik secara kelompok menyusun laporan hasil telaah
tentang menghargai
norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
2) Peserta didik mengkomunikasikan hasil telaah yang mereka
peroleh dengan kelompok lain.
c.
Penutup (15
menit)
1) Peserta didik aktif menyimpulkan materi pembelajaran melalui
tanya jawab secara klasikal dibimbing guru.
2) Peserta didik aktif melakukan refleksi proses pembelajaran,
seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sudah diperoleh, manfaat
pembelajaran, sikap dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan.
3) Peserta didik menyimak umpan balik dari guru atas proses
pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
G.
Media alat dan
sumber pembelajaran
1.
Media
a.
Power point.
b.
Gambar norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
c.
Gambar sikap menghargai
norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia.
1.
Di
lingkungan Sekolah.
2.
Di
lingkungan Pergaulan.
3.
Di
lingkungan Masyarakat.
4.
Alat/bahan
a.
Komputer.
b.
Proyektor.
c.
Papan
tulis, spidol, dan penghapus.
3.
Sumber belajar
a.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Siswa: Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
b.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru: Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
c.
Buku referensi lain.
H. Penilaian
1.
Kompetensi
Sikap Spiritual
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi
:
No.
|
Butir Nilai (Sikap
Spiritual)
|
Indikator Sikap
Spiritual
|
Jumlah Butir
|
1.
|
Beriman
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
|
·
Berdoa sebelum dan/atau setelah pelajaran berlangsung di sekolah.
|
1
|
·
Bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan YME.
|
1
|
d. Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual (Lampiran I).
2.
Kompetensi
Sikap Sosial
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi :
No.
|
Butir
Nilai
(Sikap
Sosial)
|
Indikator
Sikap Sosial
|
Jumlah
Butir
|
1.
|
Tanggungjawab
|
·
Berani
mempertanggungjawabkan
segala perbuatannya.
·
Tidak lari dari
masalah.
·
Menghadapi
permasalahan dengan
percaya diri.
|
1
|
2.
|
Disiplin
|
·
Menyelesaikan sesuatu
tepat waktu.
·
Mentaati peraturan
yang ada.
·
Konsisten terhadap apa yang
dilakukan.
|
1
|
d.
Instrumen Penilaian Sikap Sosial
(Lampiran II).
3.
Kompetensi
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis dan Penugasan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Tes Uraian dan Lembar
Tugas
c. Kisi-kisi
Tes Tertulis :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian norma dan
kebiasaan antardaerah di Indonesia.
|
Uji Kompetensi 1.1,
nomor 1
|
2.
|
Mendeskripsikan norma dan kebiasaan yang berlaku di berbagai daerah di Indonesia.
|
Uji Kompetensi 1.1,
nomor 2, 3, 4.
|
3.
|
Menjelaskan arti penting norma dan
kebiasaan yang berlaku di berbagai daerah di Indonesia.
|
Uji Kompetensi 1.1,
nomor 5
|
4.
|
Menjelaskan norma dan kebiasaan di
lingkungan sekolah, pergaulan, dan masyarakat.
|
Uji Kompetensi 1.2,
nomor 1,2.
|
5.
|
Mengidentifikasi norma dan kebiasaan di
lingkungan sekolah, pergaulan, dan masyarakat.
|
Uji Kompetensi 1.2,
nomor 3, 4, 5.
|
d. Instrumen
Penilaian Pengetahuan (Lampiran III).
Lampiran I
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
Kelas : VIII
Semester : Genap
Tahun
Pelajaran : 2014
Periode
Pengamatan : Tanggal …….. s/d ……..
Butir
Nilai : Beriman kepada
Tuhan Yang Maha Esa
Indikator
Sikap :
1.
Berdoa sebelum dan
sesudah proses pembelajaran.
2.
Bersyukur
atas nikmat yang diberikan Tuhan YME.
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor
Indikator Spiritual (1-4)
|
Jumlah
Perolehan Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/Tidak
Tuntas
|
|
Indokator
1
|
Indikator
2
|
|||||
1.
|
Adeltrudis
|
|||||
2.
|
Alfi
|
|||||
3.
|
Anindita
|
|||||
4.
|
Anis
|
|||||
5.
|
Annas
|
|||||
6.
|
Ari
|
|||||
7.
|
Chamim
|
|||||
8.
|
Desi
N.
|
|||||
9.
|
Desi
Y.
|
|||||
10.
|
Dewi
|
|||||
11.
|
Dian
|
|||||
12.
|
Diptania
|
|||||
13.
|
Endah
|
|||||
14.
|
Erdianto
|
|||||
15.
|
Erni
|
|||||
16.
|
Faizatul
|
|||||
17.
|
Herlan
|
|||||
18.
|
Iin
|
|||||
19.
|
Kharir
|
|||||
20.
|
Laelatun
|
|||||
21.
|
Lela
|
|||||
22.
|
Lia
|
|||||
23.
|
Marsufi
|
|||||
24.
|
Miftahur
|
|||||
25.
|
Mitra
|
|||||
26.
|
M.
Afan
|
|||||
27.
|
Nofi
|
|||||
28.
|
Nur
Rizqi
|
|||||
29.
|
Nurisma
|
|||||
30.
|
Reza
|
Guru Mata Pelajaran,
Chamim Asma’ul Chusna
NIP.
Lampiran II
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
Lembar
Observasi 1
Kelas : VIII
Semester : Genap
Tahun
Pelajaran : 2014
Periode
Pengamatan : Tanggal …….. s/d ……..
Butir
Nilai : Tanggungjawab
Indikator
Sikap :
1.
Berani
mempertanggungjawabkan segala perbuatannya.
2.
Tidak lari dari
masalah.
3.
Menghadapi permasalahan
dengan percaya diri.
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor
Indikator Spiritual (1-4)
|
Jumlah
Perolehan Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/Tidak
Tuntas
|
||
Indokator
1
|
Indikator
2
|
Indikator
3
|
|||||
1.
|
Adeltrudis
|
||||||
2.
|
Alfi
|
||||||
3.
|
Anindita
|
||||||
4.
|
Anis
|
||||||
5.
|
Annas
|
||||||
6.
|
Ari
|
||||||
7.
|
Chamim
|
||||||
8.
|
Desi
N.
|
||||||
9.
|
Desi
Y.
|
||||||
10.
|
Dewi
|
||||||
11.
|
Dian
|
||||||
12.
|
Diptania
|
||||||
13.
|
Endah
|
||||||
14.
|
Erdianto
|
||||||
15.
|
Erni
|
||||||
16.
|
Faizatul
|
||||||
17.
|
Herlan
|
||||||
18.
|
Iin
|
||||||
19.
|
Kharir
|
||||||
20.
|
Laelatun
|
||||||
21.
|
Lela
|
||||||
22.
|
Lia
|
||||||
23.
|
Marsufi
|
||||||
24.
|
Miftahur
|
||||||
25.
|
Mitra
|
||||||
26.
|
M.
Afan
|
||||||
27.
|
Nofi
|
||||||
28.
|
Nur
Rizqi
|
||||||
29.
|
Nurisma
|
||||||
30.
|
Reza
|
Guru Mata Pelajaran,
Chamim Asma’ul Chusna
NIP.
Lembar Observasi
2
Kelas : VIII
Semester : Genap
Tahun
Pelajaran : 2014
Periode
Pengamatan : Tanggal …….. s/d ……..
Butir
Nilai : Disiplin
Indikator
Sikap :
1. Menyelesaikan
sesuatu tepat waktu.
2. Mentaati
peraturan yang ada.
3. Konsisten
terhadap apa yang dilakukan.
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Skor
Indikator Spiritual (1-4)
|
Jumlah
Perolehan Skor
|
Skor
Akhir
|
Tuntas/Tidak
Tuntas
|
||
Indokator
1
|
Indikator
2
|
Indikator
3
|
|||||
1.
|
Adeltrudis
|
||||||
2.
|
Alfi
|
||||||
3.
|
Anindita
|
||||||
4.
|
Anis
|
||||||
5.
|
Annas
|
||||||
6.
|
Ari
|
||||||
7.
|
Chamim
|
||||||
8.
|
Desi
N.
|
||||||
9.
|
Desi
Y.
|
||||||
10.
|
Dewi
|
||||||
11.
|
Dian
|
||||||
12.
|
Diptania
|
||||||
13.
|
Endah
|
||||||
14.
|
Erdianto
|
||||||
15.
|
Erni
|
||||||
16.
|
Faizatul
|
||||||
17.
|
Herlan
|
||||||
18.
|
Iin
|
||||||
19.
|
Kharir
|
||||||
20.
|
Laelatun
|
||||||
21.
|
Lela
|
||||||
22.
|
Lia
|
||||||
23.
|
Marsufi
|
||||||
24.
|
Miftahur
|
||||||
25.
|
Mitra
|
||||||
26.
|
M.
Afan
|
||||||
27.
|
Nofi
|
||||||
28.
|
Nur
Rizqi
|
||||||
29.
|
Nurisma
|
||||||
30.
|
Reza
|
Guru Mata Pelajaran,
Chamim Asma’ul Chusna
NIP
Lampiran III
INSTRUMEN PENILAIAN
PENGETAHUAN
(DAFTAR PERTANYAAN)
A.
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian pengetahuan berupa daftar
pertanyaan.
2. Instrumen
ini diisi oleh peserta didik.
B.
Petunjuk
Pengisian
Kerjakan soal-soal dibawah dengan benar.
Jawaban Anda akan mendapatkan skor 0 sampai 100, dengan ketentuan sebagai
berikut:
1. Skor
terendah adalah 0, yaitu apabila tidak ada satu pun jawaban yang terisi.
2. Skor
tertinggi adalah 100, yaitu apabila semua jawaban benar.
3. Setiap
jawaban akan mendapatkan skor sesuai dengan kadar jawaban.
C.
Soal
Uji kompetensi 1.1
(Pertemuan Pertama)
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan asal dan apa pengertian dari norma dan kebiasaan!
2.
Sebutkan 4 contoh norma dan
kebiasaan yang ada di Indonesia, serta
beri penjelasan!
3.
Jelaskan 3 (tiga)
manfaat keberagaman norma dan kebiasaan bagi diri sendiri!
4.
Jelaskan 3 (tiga) manfaat keberagaman norma dan kebiasaan bagi
masyarakat!
Kunci Jawaban
No.
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Rubrik
|
1
|
1. Berasal Norma dan kebiasaan dalam suatu masyarakat
tumbuh didasarkan oleh jiwa masyarakat itu sendiri. Dalam pelaksanaannya kita
menemukan berbagai perbedaan adat dan kebiasaan antardaerah.
2. Pengertian
a.
Norma, norma
sebagai pedoman, ukuran, aturan atau kebiasaan. Jadi norma ialah sesuatu yang
dipakai untuk mengatur sesuatu yang lain. Dengan norma ini orang dapat
menilai kebaikan atau keburukan suatu perbuatan.
b.
Kebiasaan,
Kebiasaan adalah perbuatan yang sama, yang dilakukan secara berulang-ulang
dan terus menerus dalam waktu yang relatif lama sehingga menjadi bagian dari
budaya masyarakat dalam suatu daerah.
|
Benar 2 skor 25.
Benar 1 skor 15.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
2
|
Norma dan kebiasaan yang ada di daerah antara lain:
a.
Ngaben,
upacara pembakaran mayat, khususnya bagi umat Hindu. Upacara Ngaben biasanya
dilaksanakan oleh keluarga sanak saudara dari orang yang meninggal, sebagai
wujud rasa hormat seorang anak terhadap orang tuanya.
b.
Upacara
pemakaman tana toraja, namanya dikenal dengan “Rambu Tuka”. Di Tana Toraja mayat
tidak di kubur melainkan diletakan di “Tongkonan“ untuk beberapa waktu.
Selama lebih kurang 10 (sepuluh) tahun untuk dipidah ke tempat yang pantas,
yaitu di pindah ke gua.
c.
Suku
dayak.
Suku Dayak di Kalimantan mengenal tradisi penandaan tubuh melalui
tindik di daun telinga. Tak sembarangan orang bisa menindik diri, hanyalah
pemimpin suku atau panglima perang yang mengenakan tindik di kuping,
sedangkan kaum wanita Dayak menggunakan anting-anting pemberat untuk memperbesar
kuping daun telinga. Menurut kepercayaan, semakin besar pelebaran lubang daun
telinga semakin cantik, dan semakin tinggi status sosialnya di masyarakat.
d. Masyarakat kampung naga (jawa barat).
Masyarakat Kampung Naga mempercayai bahwa
benda-benda pusaka peninggalan mempunyai kekuatan magis. Kemudian dalam
pembuatan rumah tidak boleh melebihi 118 rumah, serta tidak boleh ditembok.
|
Benar 4 skor 25.
Benar 3 skor 20.
Benar 2 skor 15.
Benar 1 skor 10.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
3
|
3 (tiga) manfaat keberagaman bagi diri sendiri.
1. Rasa tenang, tidak ada tekanan 2. Rasa nyaman 3. Rasa tidak bersalah, dan merasa bersalah jika tidak menaati norma. 4. Percayadiri |
Benar 3 contoh skor 25.
Benar 2 contoh skor 20.
Benar 1 contoh skor 15.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
4
|
3 (tiga) manfaat
keberagaman bagi masyarakat. 1. Tertip
2. Aman 3. Rukun
4. Damai
|
Benar 3 contoh skor 25.
Benar 2 contoh skor 20.
Benar 1 contoh skor 15.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
Uji kompetensi 1.2
(Pertemuan Kedua)
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Berikan 4 (empat) contoh sikap menghargai keberagaman
norma dan kebiasaan di lingkungan masyarakat!
2. Berikan 4 (empat) contoh sikap menghargai keberagaman
norma dan kebiasaan di lingkungan
pergaulan!
3.
Jelaskan 3
(tiga) manfaat sikap menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di lingkungan
sekolah!
4.
Jelaskan 3
(tiga) manfaat sikap menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di lingkungan
pergaulan!
5.
Jelaskan 3
(tiga) akibat tidak menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di lingkungan
sekolah!
6.
Kunci
Jawaban:
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Rubrik
|
1.
|
Menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di
lingkungan masyarakat:
|
Benar 4 skor 20.
Benar 3 skor 15.
Benar 2 skor 10.
Benar 1 skor 10.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
2.
|
Menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di lingkungan pergaulan:
1.
Keterbukaan,
untuk memahami keberagaman dalam pergaulan.
2.
Memahami
lebih jauh hal-hal yang ada dalam lingkungan pergaulan.
3.
Sikap
positif seperti tidak suka mengeluh akan membuat orang lain nyaman bergaul
dengan kita.
4.
Tidak
memonopoli/menguasai teman.
5.
Berteman
dengan memperlihatkan ekspresi dan penghargaan.
6.
Percaya
diri dengan tidak memandang rendah orang lain.
|
Benar 4 skor 20.
Benar 3 skor 15.
Benar 2 skor 10.
Benar 1 skor 10.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
3.
|
Beberapa manfaat sikap menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di
lingkungan sekolah:
1.
Dengan
tidak membeda-bedaka teman, maka seorang anak akan memperoleh banyak teman.
2.
Suasana
hati menjadi nyaman saat di sekolah, bertemu dengan berbagai macam karakter
teman.
3.
Dengan
menghargai sesama teman maka tercipta suatu kerukunan, hubungan komunikasi
yang harmonis.
1.
|
Benar 3 contoh skor 20.
Benar 2 contoh skor 15.
Benar 1 contoh skor 10.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
4.
|
Beberapa manfaat sikap menghargai keberagaman norma dan kebiasaan di
lingkungan pergaulan:
1. Dengan menghargai teman sepermainan maka seorang
anak akan disukai oleh temannya.
2. Diterimanya seseorang dalam kelompok bermain,
ataupun lingkungan organisasi.
3. Memiliki banyak pengalaman yang didapat dari
lingkungan.
|
Benar 3 contoh skor 20.
Benar 2 contoh skor 15.
Benar 1 contoh skor 10.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
5.
|
Akibat tidak menghargai keberagaman norma dan
kebiasaan di lingkungan sekolah:
1. Sedikit teman, karena membeda-bedakan.
2. Tidak disukai oleh teman-temannya, karena tidak
pernah menghargai temannya.
3. Dibenci oleh teman-temannya, bisa saja karena anak
tunggal di rumah dimanja (diperlakukan istimewa) oleh orang tua, maka di
sekolah berperilakunya tidak sewajarnya.
|
Benar 3 contoh skor 20.
Benar 2 contoh skor 15.
Benar 1 contoh skor 10.
Salah semua skor 5.
Kosong skor 0.
|
0 komentar:
Posting Komentar